Tips Aman Memasak Menggunakan Kompor Gas 1 Tungku JD.ID


Tak dapat dipugkiri hadirnya kompor gas membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, tak sedikit pula yang menyayangkan akibat banyak kebakaran yang diakibatkan oleh penggunaan kompor gas yang salah. Nah untuk meminimalisir terjadinya kebakaran berikut ini tips aman gunakan kompor gas JD ID jenis 1 tungku.



1.       Pastikan selang dan regulator terpasang dengan baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan dan benar-benar diperhatikan adalah memastikan selang dan regulator terpasang dengan baik. Banyak sekali kasus kebakaran dan umumnya disebabkan oleh pamasangan selang dan regulator yang salah.

Ini adalah kesalahan yang fatal dan perlu mendapat perhatian lebih. Salah satu tanda bahwa selang dan regulator terpasang baik adalah tidak adanya bau menyengat serta suara desis yang timbul. Cara mudah lainnya adalah pastikan kedua perangkat tersebut terpasang sampai muncul bunyi ‘klik’. Bunyi ini menandakan bahwa pemasangan keduanya telah benar.

2.       Gunakan perlengkapan berlabel SNI

Langkah kedua adalah memastikan bahwa perlengkapan kompor gas 1 tungku JD.ID berlabel dan berstandar SNI. Memang dari segi harga lebih mahal namun, tetap keamanan adalah nomor satu. SNI ini sebagai tanda bahwa kualitas perlengkapan kompor telah teruji sehingga aman digunakan. Dan tentu saja awet tahan lama.

3.       Periksa kondisi tabung secara berkala

Salah satu hal yang sering diabaikan adalah tidak memeriksa tabung secara berkala minimal seminggu sekali. Padahal ini sangatlah penting mengingat kebocoran gas seringkali tidak terdeteksi. Selain itu, ketika membeli tabung gas pastikan tabung tidak dalam kondisi berkarat khususnya di bagian bawah tabung. Jika Anda menemuinya sebaiknya langsung ganti dengan yang baru.

4.       Jauhkan tabung dari bahan yang mudah terbakar

Salah satu hal yang membuat api cepat membesar adalah adanya bahan yang mudah terbakar di sekitar tabung. Maka dari itu, usahakan agar menjauhkan apapun bahan yang mudah terbakar dari tempat tabung gas diletakkan.

5.       Buat sirkulasi udara pada dapur

Hal fatal lainnya yang seringkali membuat kebocoran gas menjadi parah hingga terjadi kebakaran adalah tidak adanya sirkulasi udara pada dapur. Padahal sirkulasi udara ini penting untuk mengurangi gas yang ada di dapur. Setidaknya ada jendela atau ventilasi agar jika ada gas bocor gasnya bisa segera keluar.

6.       Lepas regulator jika ditinggal pergi lama

Ketika Anda ingin pergi misal ke luar kota dalam jangka waktu lama maka upayakan untuk melepas regulator terlebih dahulu. Selain itu, upayakan pula untuk mematikan sumber listrik. Ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7.       Bertindak cepat ketika gas bocor

Tips terakhir adalah segera bertindak cepat tatkala menemui kebocoran gas. Apabila Anda mencium bau gas yang menyengat segera mematikan kompor dan lepas regulator serta bawa tabung ke tempat yang terbuka. Apabila masih juga tercium bau gas maka segera matikan aliran listrik.

Nah itulah beberapa tips aman gunakan kompor gas 1 tungku JD.ID. Sebenarnya tips ini bisa juga Anda gunakan pada jenis kompor gas dengan tungku yang lebih banyak. Untuk meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan pastikan Anda membeli kompor gas di JD.ID. Mengapa harus di JD.ID? Karena di JD.ID semua barang berkualitas dengan kondisi original asli pabrik. Tak perlu khawatir harganya bervariatif, ada jaminan garansi, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia. Jadi tunggu apalagi yuk belanja di JD.ID dan dapatkan promo diskon yang diadakan secara berkala hanya di JD.ID. 

Post a Comment

0 Comments