9 Tips Hidup Sehat Dan Juga Bahagia Ala SehatQ.com

Hidup sehat dan bahagia adalah hal yang paling diinginkan semua orang. Ketika orang-orang telah memiliki kedua hal tersebut, tentu hidupnya akan merasa sempurna. Nah jangan lupa untuk download aplikasi SehatQ.com untuk mendapatkan info tips Artikel Kesehatan.



Banyak yang menyangka bahwa butuh waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan kedua hal tersebut. Padahal sebenarnya ada cara sederhana untuk mendapatkannya. Seperti dikutip dari Women's Weekly, berikut cara sederhana untuk menjalani hidup sehat dan bahagia:

1. Belajar sesuatu yang baru

Ahli psikologi positif, Vanessa King mengatakan belajar adalah kebutuhan inti akan kesejahteraan psikologis serta membangun kepercayaan diri. Mempelajari sesuatu yang baru, mudahnya adalah bertukar keterampilan dengan seorang teman atau bisa juga dengan mengikuti kursus online yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

2. Melakukan sesuatu yang kreatif

Menggabungkan kreativitas ke dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya membuat kita merasa nyaman saat itu saja tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraaan secara keseluruhan.

"Belajar sesuatu yang baru di kehidupan bisa memicu gagasan lain. Ditambah keingintahuan dan pemikiran kreatif, keduanya tentu akan berjalan beriringan," kata King.

3. Mengenali kemampuan diri sendiri

Peneliti Seligman menemukan bahwa orang-orang yang menemukan kemampuan atau kekuatannya sendiri memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang panjang.

4. Mensyukuri sesuatu

Bersyukur telah lama terbukti bisa meningkatkan kesejahteraan Anda. Sebagai seniman Amerika, Agnes Martis menulis bahwa ukuran hidup manusia adalah jumlah keindahan dan kebahagiaan yang disyukuri.

5. Berbuat baik

Kebaikan memiliki efek mendalam pada kebahagiaan kita. Sebuah studi menemukan bahwa orang merasa lebih bahagia saat diminta mengingat perbuatan kemurahan hati di masa lalu. Sehingga mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang baik pula di masa sekarang.

6. Perbaiki Pola Tidurmu

Tidur ternyata jadi salah satu penentu kebahagiaan seseorang, lho. Jika menginginkan hidup yang sehat dan bahagia, pastikan kamu punya waktu tidur yang cukup setiap hari. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini lantaran alasan kesibukan.

Waktu tidur malam yang ideal yaitu 7 sampai 8 jam. Sebaiknya, kamu berhenti beraktivitas dengan alat elektronik atau gadgets setidaknya satu jam sebelum tidur. Terapkan kebiasaan ini secara teratur dan disiplin maka ritme biologismu seterusnya akan membaik. Dalam beberapa hari, kamu bisa merasakan perubahan positif pada tubuh dan keseharianmu.

7. Dengarkan Musik Yang Menenangkan

Musik terbukti efektif untuk menenangkan syaraf dan mereduksi stres. Ilmuwan menjelaskan bahwa musik menghasilkan perasaan bahagia melalui rangsangan di otak. Rasa bahagia ketika mendengarkan musik hampir sama dengan kebahagiaan ketika menyantap makanan.

Selain itu, musik juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung lho. Nggak percaya? Coba deh sesekali dengerin musik klasik atau lagu-lagu atmospheric dan rasakan perbedaannya.

8. Bersihkan Kamarmu

Gimana bisa happy kalau kamar udah mirip kapal pecah? Hehehe. Yuk, jaga kebersihan sekitarmu! Mulailah dari membersihkan dan merapikan kamarmu sendiri. Lalu, nggak ada salahnya bantu-bantu ibumu atau ‘mbak yang kerja di rumah‘ buat bersih-bersih.

Pasalnya, tempat yang kotor akan menghasilkan energi negatif. Sementara, ruangan yang bersih dan rapi akan membuatmu merasa lebih rileks. Bahkan, kegiatan seperti menyapu, mengepel, atau cuci piring bisa jadi cara menghilangkan stres lho!

9. Tuliskan Rencana Dan Tugas Yang Harus Kamu Selesaikan

Cara yang satu ini bakal ampuh meringankan kerja otakmu. Dengan menuliskan rencana atau daftar tugas, maka otak nggak akan terlalu terbebani untuk mengingat banyak hal. Otak akan lebih rileks dan fokus pada satu demi satu tugas yang harus dikerjakan.

Selain memudahkan, membuat to do lists akan membuatmu merasa puas ketika semua pekerjaan dalam daftar itu berhasil diselesaikan. Nah, rasa puas inilah yang kemudian membuatmu merasa bangga dan berbahagia. Berhasil menyelesaikan tugas-tugasmu seperti bisa mencapai gol dalam hidupmu.

Post a Comment

0 Comments